Minggu, 05 Maret 2017

Kegunaan Minyak Kelapa Kaitannya Dengan Kesehatan

Siapa sih yang tidak mengenal minyak kelapa? Bila kita adalah generasi yang lahir setelah tahun 90-an pasti masih akrab dengan minyak kelapa. Minyak kelapa, khususnya untuk yang murni merupakan salah satu jenis minyak yang konon direkomendasikan untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Di dalam minyak kelapa murni kita akan menemukan kandungan lemak, namun lemak yang terkandung bukanlah lemak jahat. Kita akan menemukan lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Berikut akan kita kupas kegunaan minyak kelapa yang memiliki kaitan dengan kesehatan yang musti kita ketahui.


  1. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Yup, salah satu kegunaan dari minyak kelapa adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena minyak kelapa memiliki kandungan bernama asam laurat. Selain itu, asam laurat dalam minyak kelapa mudah diserap oleh tubuh dan bisa digunakan sebagai cadangan energi bagi tubuh.
  1. Baik digunakan untuk memasak
Berbeda dengan jenis minyak lainnya yang kita jumpai di pasaran, minyak kelapa baik digunakan untuk memasak karena dianggap lebih sehat. Mengapa demikian? Well ini karena minyak kelapa bersifat stabil saat dipanaskan dalam suhu yang tinggi sekalipun dan tidak mudah untuk terhidrogenasi. Selain itu, kita bisa membuat masakan menjadi lebih lezat dengan menggunakan minyak kelapa.
  1. Mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh
Untuk diketahui, minyak kelapa memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi tiroid hingga 20%. Apa itu tiroid? Tiroid memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang juga berperan dalam menurunkan berat badan.
  1. Bertindak sebagai anti bakteri
Di dalam minyak kelapa, kita akan menjumpai kandungan berupa zat anti bakteri yang bisa membantu tubuh dalam melawan berbagai jenis infeksi. Zat anti bakteri tersebut nantinya akan diubah menjadi monolaurin saat masuk kedalam tubuh yang dalam perjalanannya akan sanggup melawan bakteri dalam tubuh.
Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat minyak kelapa yang kaitannya dengan kesehatan. Tidak ada salahnya untuk beralih menggunakan minyak kelapa yang terbukti memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain sehat, masakan pun menjadi lebih lezat. Lalu bagaimana dengan harganya? Well, untuk minyak kelapa murni harganya mungkin akan sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan minyak curah atau minyak jenis lainnya yang banyak beredar di pasaran. Namun ini akan sebanding dengan apa yang kita dapatkan – kesehatan semua anggota keluarga.